Sejarah Musik di dunia
Sebuah ternama dinasti Tang, guqin “Xiao Jiu Huan Pei”. Guqin telah dimainkan sejak zaman kuno, dan secara tradisional telah disukai oleh para sarjana dan sastrawan sebagai instrumen kehalusan besar dan perbaikan.Sejarah musik, kadang-kadang disebut musikologi historis, adalah subfield sangat beragam dari disiplin yang lebih luas ofmusicology yang mempelajari komposisi, kinerja, penerimaan, dan kritik musik dari waktu ke waktu. Studi sejarah musik adalah untuk misalnya peduli dengan kehidupan komposer dan karya, perkembangan gaya dan genre (seperti konserto barok), fungsi sosial musik untuk kelompok orang tertentu (seperti musik di pengadilan), atau mode kinerja di tempat tertentu dan waktu (seperti angkatan kinerja paduan suara Johann Sebastian Bach di Leipzig).Dalam teori, “sejarah musik” bisa mengacu pada studi sejarah dari setiap jenis atau genre musik (misalnya, sejarah musik ofIndian atau sejarah batuan). Dalam prakteknya, ini topik penelitian hampir selalu dikategorikan sebagai ofethnomusicology bagian atau kajian budaya, apakah atau tidak mereka etnografis berbasis.Metode sejarah musik termasuk studi sumber (esp. studi manuskrip), paleografi, filologi (kritik terutama tekstual), kritik gaya, historiografi (pilihan metode historis), analisis musik, dan ikonografi. Penerapan analisis musik untuk lebih tujuan ini sering merupakan bagian dari sejarah musik, meskipun analisis murni atau pengembangan alat-alat baru analisis musik lebih mungkin untuk dilihat dalam bidang teori musik.(Untuk pembahasan lebih rinci tentang metode lihat bagian tentang “Penelitian di Sejarah Musik” di bawah) Beberapa produk intelektual sejarawan musik termasuk edisi karya musik, biografi dari komposer dan musisi lainnya, studi tentang hubungan antara kata-kata dan musik , dan refleksi atas tempat musik di masyarakat.Isi [hide]Meskipun sebagian besar pemain instrumen klasik dan tradisional menerima beberapa instruksi dalam musik, pop, atau rock and roll dari guru sejarah selama pelatihan mereka, mayoritas kursus sejarah musik formal yang ditawarkan di tingkat perguruan tinggi. Di Kanada, beberapa siswa menerima pelatihan musik sebelum studi sarjana karena pemeriksaan dalam sejarah musik (serta teori musik) diminta untuk melengkapi Kerajaan sertifikasi Conservatory di tingkat 9 Grade dan lebih tinggi. Khususnya di Amerika Serikat dan Kanada, program universitas cenderung dibagi menjadi dua kelompok: satu jenis yang akan diambil oleh siswa dengan teori musik sedikit atau tidak ada atau kemampuan untuk membaca musik (sering disebut apresiasi musik) dan yang lainnya untuk lebih banyak siswa melek musik (sering mereka berencana membuat karir di musik).Kebanyakan lembaga menengah dan besar akan menawarkan kedua jenis program.Kedua jenis program biasanya akan berbeda dalam panjang (1-2 semester vs 2-4), luasnya (kursus musik banyak penghargaan mulai pada era Baroque atau klasik-an dan mungkin menghilangkan musik setelah Perang Dunia II saat kursus untuk jurusan tradisional rentang periode dari Abad Pertengahan untuk kali terakhir), dan kedalaman.Kedua jenis program cenderung untuk menekankan keseimbangan antara akuisisi perbendaharaan musik (sering ditekankan melalui ujian mendengarkan), studi dan analisis karya-karya ini, detail biografi dan budaya musik dan musisi, dan menulis tentang musik, mungkin melalui kritik musik.Seminar lebih khusus dalam sejarah musik cenderung menggunakan pendekatan yang sama pada subjek sempit sambil memperkenalkan lebih dari alat-alat penelitian di sejarah musik (lihat di bawah). Kisaran topik yang mungkin hampir tak terbatas.Beberapa contoh mungkin “Musik selama Perang Dunia I,” “musik Abad Pertengahan dan Renaissanceinstrumental,” “Musik dan Proses,” “Mozart Don carlos mil teman.” Di Amerika Serikat, seminar ini umumnya diambil oleh mahasiswa maju dan mahasiswa pascasarjana, meskipun di negara-negara Eropa mereka sering membentuk tulang punggung pendidikan musik sejarah.Metode dan alat-alat sejarah musik hampir sama banyak sebagai subyek dan karenanya membuat kategorisasi yang ketat mustahil. Namun, beberapa tren dan pendekatan dapat diuraikan di sini. Seperti dalam setiap disiplin sejarah lainnya, kebanyakan penelitian dalam sejarah musik dapat dibagi menjadi dua kategori: menetapkan data faktual dan benar dan interpretasi data. Sebagian besar penelitian sejarah tidak jatuh ke dalam satu kategori semata-mata, melainkan menggunakan kombinasi metode dari kedua kategori. Hal ini juga harus dicatat bahwa tindakan menetapkan data faktual tidak pernah dapat sepenuhnya terpisah dari tindak penafsiran.Penelitian sumber. Keinginan untuk mengkaji sumber-sumber musik yang paling dekat dengan komposer atau periode yang diproduksi telah membuat manuskrip, arsip, dan studi sumber penting di hampir setiap bidang musikologi. Dalam musik awal khusus, penelitian naskah mungkin satu-satunya cara untuk mempelajari karya diedit. Studi tersebut dapat menjadi rumit oleh kebutuhan untuk menguraikan bentuk-bentuk sebelumnya notasi musik. Studi Naskah juga dapat memungkinkan peneliti untuk kembali ke versi pekerjaan sebelum intervensi editor kemudian, mungkin sebagai dasar untuk edisi sendiri.
Pertanyaan-pertanyaan seperti “Mengapa Beethoven mencoret nama Napoleon dari halaman judul nya simfoni Eroica?” yang menarik bagi sejarawan musikPekerjaan arsip dapat dilakukan untuk menemukan koneksi ke musik atau musisi dalam sebuah koleksi dokumen kepentingan yang lebih luas (misalnya, Vatikan membayar catatan, surat ke pelindung seni) atau lebih sistematis mempelajari kumpulan dokumen yang terkait dengan seorang musisi. Dalam beberapa kasus, di mana catatan, nilai, dan surat-surat telah didigitalkan, pekerjaan arsip dapat dilakukan secara online. Salah satu contoh dari komposer untuk siapa bahan-bahan arsip dapat diperiksa online adalah Arnold Schoenberg Pusat. [1]Praktek kinerja mengacu pada banyak alat-alat musikologi historis untuk menjawab pertanyaan spesifik bagaimana musik dilakukan di berbagai tempat di berbagai kali di masa lalu. Sarjana menyelidiki pertanyaan-pertanyaan seperti yang instrumen atau suara digunakan untuk melakukan kerja tertentu, apa tempo (atau perubahan tempo) digunakan, dan bagaimana (atau jika) ornamen yang digunakan. Althoughperformance praktik sebelumnya terbatas pada musik awal dari era Baroque, sejak tahun 1990-an, penelitian dalam praktek kinerja telah memeriksa era sejarah lainnya, seperti bagaimana konserto piano klasik era awal dilakukan, bagaimana sejarah awal rekaman mempengaruhi penggunaan vibrato di musik klasik, atau yang instrumen yang digunakan dalam musik Klezmer.Studi biografis komposer dapat memberikan pengertian yang lebih baik dari kronologi komposisi, pengaruh pada gaya dan bekerja, dan memberikan latar belakang penting untuk penafsiran (dengan penyanyi atau pendengar) karya. Dengan demikian biografi dapat membentuk satu bagian dari penelitian yang lebih besar tentang pentingnya budaya, program yang mendasari, atau agenda kerja, sebuah studi yang diperoleh pentingnya peningkatan pada tahun 1980 dan awal 1990-an.Studi sosiologis fokus pada fungsi musik dalam masyarakat serta maknanya bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan. Para peneliti menekankan pentingnya sosial musik (termasuk musik klasik) kadang-kadang disebut ahli musik baru.Studi semiotik yang paling konvensional provinsi analis musik daripada sejarawan.Namun, penting untuk praktek semiotika musik – penafsiran makna dalam sebuah karya atau gaya – adalah situasi dalam konteks sejarah. Pekerjaan interpretatif cendekiawan seperti Kofi Agawu dan Lawrence Kramer jatuh antara analitik dan musik historis.Sejarah
Sebelum 1800Studi pertama dari tanggal sejarah Barat musik kembali ke pertengahan abad ke-18.G.B. Martini menerbitkan sejarah tiga volume yang berjudul Storia della musica (Sejarah Musik) antara 1757 dan 1781. [Martin Gerbert] menerbitkan dua volume sejarah musik suci berjudul De de musica sacra Cantù pada tahun 1774. Gerbert diikuti pekerjaan ini dengan pekerjaan volume tiga Scriptores ecclesiastici de musica sacra yang berisi tulisan-tulisan signifikan pada musik suci dari abad ke-3 pada tahun 1784.1800-1950
Ludwig van Beethoven naskah sketsa untuk Piano Sonata No 28 Gerakan IV, Geschwind, doch nicht zu sehr und mit Entschlossenheit (Allegro), dalam tulisan tangan sendiri. Potongan selesai pada 1816.Pada abad ke-20, karya Johannes Wolf dan lain-lain dikembangkan studi di musik Abad Pertengahan dan awal Renaissance musik. Wolf tulisan tentang sejarah notasi musik dianggap sangat penting oleh ahli musik. Musikologi historis telah memainkan peran penting dalam minat baru dalam musik Barok serta musik abad pertengahan dan Renaissance. Secara khusus, gerakan kinerja otentik berutang banyak untuk beasiswa musicological sejarah. Menjelang pertengahan abad ke-20, musikologi (dan subfield terbesar dari musikologi historis) diperluas secara signifikan sebagai bidang studi.Bersamaan jumlah jurnal musicological dan musik meningkat untuk membuat outlet lebih lanjut untuk publikasi penelitian. Dominasi beasiswa bahasa Jerman surut sebagai jurnal signifikan bermunculan di seluruh Barat, khususnya Amerika.Kritik
Pengecualian disiplin dan musikDalam definisi yang paling sempit, musikologi sejarah adalah sejarah musik budaya Barat. Seperti definisi sewenang-wenang termasuk disiplin ilmu selain sejarah, budaya selain Barat, dan bentuk-bentuk musik selain “klasik” (“seni”, “serius”, “budaya tinggi”) atau dinotasikan (“buatan”) – menyiratkan bahwa dihilangkan disiplin, budaya, dan gaya musik / genre yang entah bagaimana rendah. Sebuah definisi yang lebih luas agak menggabungkan semua humaniora musik masih bermasalah, karena sewenang-wenang tidak termasuk (alam) ilmu yang relevan (akustik, psikologi, fisiologi, ilmu saraf, informasi dan ilmu komputer, sosiologi empiris dan estetika) serta praktik musik. Sub-disiplin musicological ofmusic teori dan analisis musik juga telah historis agak gelisah dipisahkan dari definisi yang paling sempit musikologi historis.Dalam musikologi historis, sarjana telah enggan untuk mengadopsi pendekatan postmodern dan kritis yang umum di tempat lain di humaniora. Menurut Susan McClary (2000, hal 1285) disiplin “musik tertinggal seni lainnya; itu mengambil ide dari media lain hanya ketika mereka telah menjadi ketinggalan zaman.” Hanya di tahun 1990-an memang ahli musik sejarah, didahului oleh ahli musik feminis di akhir 1980-an, mulai untuk mengatasi masalah seperti jender, seksualitas, tubuh, emosi, dan subjektivitas yang mendominasi humaniora selama dua puluh tahun sebelum (ibid, hal 10). Dengan kata McClary itu (1991, hal 5), “Ia tampaknya hampir musikologi yang berhasil ajaib untuk lulus langsung dari pra-ke postfeminism tanpa harus mengubah – atau bahkan memeriksa -. Cara nya” Selanjutnya, dalam pembahasan tentang musikologi dan musik rock, Susan McClary dan Robert Walser juga alamat perjuangan kunci dalam disiplin: bagaimana musikologi sering “dismisse [d] pertanyaan sosio-musik interaksi dari tangan, bagian dari kebesaran musik klasik dianggap berasal otonomi dari masyarakat. “ (1988, hal 283)Pengecualian musik populerMenurut Richard Middleton, kritik terkuat (sejarah) musikologi telah bahwa pada umumnya mengabaikan musik populer. Meskipun studi musicological musik populer telah jauh meningkat dalam jumlah baru-baru ini, pernyataan Middleton di tahun 1990-yang paling utama “karya musikologi, teoritis atau sejarah, bertindak seolah-olah musik populer tidak ada” – berlaku. Akademik dan pelatihan konservatori biasanya hanya perifer alamat ini spektrum yang luas dari musik, dan banyak (sejarah) ahli musik yang “baik menghina dan merendahkan mencari jenis produksi, bentuk musik, dan mendengarkan yang mereka persekutukan dengan jenis musik yang berbeda .. ’musik klasik’. … dan mereka biasanya menemukan musik populer kurang “Dia menyebutkan tiga aspek utama dari masalah ini (hal. 104-6). Terminologi musikologi historis “miring oleh kebutuhan dan sejarah dari musik tertentu (‘musik klasik’).” Dia mengakui bahwa “ada kosa kata yang kaya untuk daerah tertentu [harmoni, nada suara, bagian menulis-tertentu dan bentuk], penting dalam korpus khas musikologi itu”, namun ia menunjukkan bahwa ada “sebuah kosakata miskin untuk daerah lain [ritme, pitch nuansa dan gradasi, dan timbre], yang kurang berkembang dengan baik “dalam musik klasik. Middleton berpendapat bahwa sejumlah “istilah yang sarat muatan ideologis” dalam bahwa “mereka selalu melibatkan selektif, dan sering tidak sadar dirumuskan, konsepsi apa yang musik.”Selain itu, ia mengklaim bahwa musikologi historis menggunakan “metodologi miring oleh karakteristik notasi,” ‘centricity notasi’ (Tagg 1979, hal 28-32). Akibatnya “metode musicological cenderung parameter-parameter latar musik yang dapat dengan mudah dinotasikan” seperti hubungan pitch atau hubungan antara kata dan musik. Di sisi lain, musikologi historis cenderung “mengabaikan atau mengalami kesulitan dengan parameter yang tidak mudah dinotasikan”, seperti warna nada atau irama non-Barat.Selain itu, ia mengklaim bahwa “notasi-sentris pelatihan” sekolah musik Barat “menginduksi bentuk-bentuk tertentu mendengarkan, dan ini kemudian cenderung diterapkan ke semua jenis musik, tepat atau tidak”. Akibatnya, siswa musik Barat dilatih dalam musikologi historis dapat mendengarkan funk atau lagu latin yang sangat berirama kompleks, tapi kemudian menganggapnya sebagai sebuah karya musik tingkat rendah karena memiliki melodi yang sangat sederhana dan hanya menggunakan dua atau tiga akord .Notasi centricity juga mendorong “reifikasi: skor datang untuk dilihat sebagai ‘musik’, atau mungkin musik dalam bentuk yang ideal.” Dengan demikian, musik yang tidak menggunakan nilai tertulis, seperti jazz, blues, atau rakyat, dapat menjadi diturunkan ke tingkat yang lebih rendah status. Selain itu, musikologi historis “ideologi miring oleh asal-usul dan perkembangan tubuh tertentu musik dan estetika … Hal itu muncul pada saat tertentu, dalam konteks tertentu – Eropa abad kesembilan belas, khususnya Jerman – dan di dekat asosiasi dengan gerakan dalam praktek musik dari periode yang kodifikasi perbendaharaan yang sangat kemudian dibawa oleh musikologi sebagai pusat perhatian. “ Masalah-masalah terminologi, metodologis, dan ideologi mempengaruhi bahkan bekerja symphathetic musik populer.
Namun, itu bukanlah “musikologi yang tidak bisa memahami musik populer, atau bahwa siswa musik populer harus meninggalkan musikologi”
SEMOGA BERMANFAAT.
by : meycin permatasari