twitter
rss













BERDAGANG MODEL CUKUP  MENGUNTUNGKAN

         Sekarang ini , banyak kita temui pedagang-pedagang model, karena menurut pedagang model berdagang model itu cukup menguntungkan. Kita pun  sering melihat pedagang model baik di sekolah-sekolah, lesehan , pinggir jalan-jalan raya , maupun  pedagang model keliling. Model juga adalah salah satu makanan yang berasal dari palembang mungkin itu juga yang menyebabkan di Prabumulih banyak peminat model dan menjamurnya pedagang model.
          Namun, berdagang model itu juga tidak mudah karena selain harus memperhatikan rasa, tapi juga harus bisa berkreasi untuk membuat model dagangan mereka berbeda dengan  model yang lain, dan juga bisa menarik hati bagi para penikmat model.
            Lalu, apakah yang membuat para pedagang model memilih untuk berdagang model?  berikut ini adalah petikan wawancara saya dengan salah satu pedagang model di Prabumulih.



  










             
                      HASIL KEGIATAN WAWANCARA



1.      IDENTITAS  PEDAGANG  MODEL  (NARASUMBER)
  -  Nama             : Ali Syahbana
       - Umur              : 38 Tahun
       -  Nama istri      : Nursiah
       -  Jumlah anak   : 3 orang anak
       -  Alamat           : RT 1,  RW 1, kelurahan Tanjung Raman , kecamatan Prabumulih            
                                  Selatan.

2.     5W + 1H
             Sejak kapan bapak berjualan model ini?

Saya berjualan model ini sudah lama sejak tahun 2009 yang lalu, jadi kalau sampai dengan sekarang ini sudah sekitar 5 tahun.


Bagaimana cara bapak berdagang model ini?

Saya berjualan model ini dengan membuat tempat saya berjualan berupa lesehan, karena saya tidak sanggup untuk  menjadi pedagang model keliling yang harus memperdagangkan dagangannya dengan berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain, dan itu sangat melelahkan.


          Berapakah modal pertama kali bapak dan untuk apakah modal pertama
?
Kalau modal pertama kali itu tidak terlalu banyak hanya sekitar Rp4.500.000,00 tapi modal Rp4.000.000,00 itu dipergunakan  hanya untuk membeli peralatan berdagang, seperti lemari untuk tempat model , peralatan dapur, dan peralatan untuk berdagang lainnya, dan yang modal Rp500.000,00 itu khusus untuk membeli bahan-bahan model yang akan diperdagangkan
.

 Dari mana bapak mendapatkan modal pertama itu?

                 Modal pertama itu dari uang saya sendiri, juga uang istri saya, yang sudah sejak lama        kami tabung agar kami bisa membuat usaha sendiri walaupun usaha kecil-kecilan.


Ada berapa orang anak bapak dan ada berapa yang sekolah?

Anak saya ada tiga orang, akan tetapi kalau yang sekolah baru dua orang.
Anak saya yang sekolah yaitu anak saya yang pertama kelas 5 SD, kemudian anak saya yang kedua kelas 1 SD, kalau anak saya yang terakhir belum sekolah.


Mengapa bapak memilih berdagang model ini?

Karena berdagang model ini adalah memang keinginan dari hati saya yang sekarang biasa dikenal dengan istilah tuntutan profesi.


Sekitar pukul berapa bapaak mulai berdagang dan pukul berapa pula bapak selesai berdagang?

Kalau mulai berdagang pukul 09.00 wib , selesai berdagang atau tutupnya sekitar pukul 18.00 wib (menjelang maghrib)


Kira-kira kapan dagangan bapak habis terjual dan tersisa?

Tidak tentu , tapi kalau habis biasanya sering saat liburan sekolah, kalau untuk tidak habis itu pernah biasanya hari sabtu dan senin , mungkin karena hari sabtu dan senin itu hari sibuk.


Siapa saja yang biasa menjadi pelanggan bapak?

Kalau untuk pelanggan itu banyak, yang sangat sering itu para pelajar yang baru pulang sekolah, juga orang-orang kantor yang baru pulang bekerja, dan ada juga masyarakat sekitar

.
Berapa keuntungan bapak setiap bulan dan apakah keuntungan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga bapak?
 
Keuntungan setiap bulaan itu kurang lebih Rp3.000.000,00 tapi kalau keuntungan bersihnya sekitar Rp2.000.000,00. Kalau ditanya cukup atau tidak untuk memenuhi kebutuhan keluarga, tentunya tidak ada yang cukup, tapi untuk kebutuhan pokok keluarga itu lebih dari cukup

.
Lalu berapa modal bapak untuk sehari dan untuk membeli apa saja?

Modal perhari sekitar Rp400.000,00. Modal perhari itu digunakan untuk membeli bahan-bahan membuat model seperti membeli 4 kg ikan, 5 tepung .


Kalau boleh tahu pak, bagaimaana cara bapak membuat model ini?

Kalau cara membuat model ini sama dengan cara membuat model yang lain, pertama campurkan ikan dan tepung kemudian tambahkan air panas secukupnya supaya model ini tidak alot dan diaduk hingga merata, kemudian bentuk model tersebut , selanjutnya beri bumbu-bumbu seperti garam, penyedap rasa, dan tentunya bumbu rahasia yang lainnya. Kalau untuk kuahnya itu hanya rebus air dan tambahkan bumbu seperti bawang putih, rempah-rempah lain, dan bumbu rahasia.







3.      KESIMPULAN

         Dari hasil wawaancara saya tadi saya menyimpulkan bahwa berdagang model adalah termasuk salah satu usaha yaang menguntungkan, karena dilihat dari keuntungannya saja sudah besar, walaupun terkadang berdagang model itu sulit, tapi jika dijalani dengan tulus dan ikhlas maka akan membawa keberkahan. Buktinya saja salah satu pedagang model yang bernama pak ali syahbana yang sukses berjualan model dengan modal pertama yang tidak terlalu besar dia sekarang ini bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, dan dua orang anaknya yang juga sekolah.
-          Pemasukan pedagang model tersebut atau bapak ali syahbana:
Setiap bulan sekitar Rp3.000.000,00 pemasukan bersihnya sekitar Rp2.000.000,00
-          Pengeluaran bapak ali syahbana setiap bulan itu kurang lebih Rp1.200.000,00
-          Saldonya setiap bulan itu Rp2.000.000

BY : MEYCIN PERMATASARI

0 komentar:

Posting Komentar