twitter
rss


Ilustrasi
Shalat sudah lama kita kerjakan, tapi mungkin kita masih belum mengerti apa hikmah shalat yang kita kerjakan. Tidak ada satupun perintah Allah yang tidak bermanfaat bagi kita, semua pasti memiliki hikmah, mari kita sedikit menilik gerakan shalat dari segi science.
1). Berdiri dan Takbir
Hikmah dan Manfaat yang Terkandung didalamnya adalah :
a.      Mampu menjaga keseimbangan tubuh
Posisi takbir kita yaitu dengan mengangkat tangan hingga sejajar dengan bahu atau telinga, secara otomatis kita membuka dada bukan? Gerakan tersebut membuat aliran darah pembuluh balik yang terdapat di lengan mengalir ke bagian pengatur keseimbangan tubuh dan membuka mata serta telinga kita yang berada di otak, sehingga keseimbangan kita terjaga.
b.      Melancarkan peredaran darah
Setelah melakukan takbir kita bersedekap, yaitu mendekapkan tangan kanan di atas tangan kiri dan meletakkannya di antara perut dan dada. Kondisi ini membuat pembuluh darah balik kita yang berada di tangan kiri terjepit sehingga pembuluh darah di tangan kanan kita mengembang.
c.       Melancarkan peredaran darah ke kepala
Ketika mengangkat tangan saat hendak ruku’ semburan darah berkecepatan tinggi yang berasal dari pembuluh darah di tangan kanan kita akan mengisi pembuluh darah kita yang ada di kepala.
2). Ruku’
Hikmah dan Manfaat yang Terkandung didalamnya adalah :
a.      Merawat kelenturan tulang belakang
Posisi ruku’ yang benar  adalah dengan menekuk badan hingga dengan pinggul bagian belakang sebagai sudutnya. Punggung dan kepala lurus, kedua tangan bertumpu pada kedua lutut dengan posisi jari yang tidak merapat antara satu jari dengan jari yang lain. Pandangan mata menuju ke tempat sujud. Posisi ruku’ yang sempurna dapat merawat kelenturan tulang belakang.
b.      Ruku’ juga dapat memelihara tuas sistem keringat
Yaitu tuas sistem keringat yang ada di punggung, pinggang, paha, dan betis. Dan jika kita menjaga posisi ruku’ yang benar yaitu mengangkat kepala hingga sejajar dengan punggung dengan mata tertuju ke tempat sujud, tulang leher, dan saraf memori yang ada di tengkuk akan terpelihara dengan baik
c.       Merawat organ pencernaan
Gerakan berdiri dari ruku’ adalah olahraga pencernaan yang baik. Dimana organ-organ pencernaan di dalam tubuh kita akan mengalami pemijatan dan pelonggaran akibat gerakan yang kita lakukan. Sehingga pencernaan di dalam tubuh jika kita mengerjakan shalat dengan baik, kontinu, tuma’ninah, dan khusyu’ pencernaan kita akan lebih lancar.
3). I’tidal dan sujud
Hikmah dan Manfaat yang Terkandung didalamnya adalah :
a.      Menjaga saraf Keseimbangan tubuh
Pada saat mengangkat kedua tangan ketika hendak melakukan i’tidal aliran darah dari kepala turun ke bawah dan membuat bagian otak yang mengatur keseimbangan tubuh mengalami penurunan tekanan darah. Hal ini dapat menjaga saraf keseimbangan tubuh kita.
b.      Sujud adalah keadaan dimana seorang hamba sangat dekat dengan Allah
Keadaan yang paling dekat antara hamba dengan Tuhannya adalah saat ia bersujud. Maka perbanyaklah do’a di kala sujud itu! ” (HR. Muslim). Menurut Profesor Sholeh, seorang Psikoneurog dari Universitas Harvard, gerakan sujud sebenarnya mengantarkan manusia pada derajat yang setinggi-tingginya. Penjelasan dari pernyataan beliau adalah karena pada saat sujud, posisi jantung kita berada di atas kepala bukan? Dengan melakukan sujud secara rutin, pembuluh darah di kepala terlatih untuk menerima pasokan darah.
c.       Sujud dapat meningkatkan kecerdasan kita.
Otak akan mendapatkan pasokan darah kaya oksigen sehingga memacu kerja sel-sel otak, hal tersebut mengakibatkan kecerdasan dan daya pikir kita meningkat.
d.      Dapat membuat kita berpikiran lebih jernih dan arif
Dr. Fidelma O’leary seorang Neurolog dari Saint Edwards University Texas, memeluk Islam setelah menemukan rahasia di balik gerakan shalat, ia sangat kagum dengan rahmat dan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT. Beliau melakukan penelitian terhadap saraf manusia, pada saat itu ia menemukan sejumlah urat saraf di dalam otak tidak bisa dimasuki darah kecuali dengan cara bersujud. Urat tersebut memerlukan darah dengan kadar tertentu, dan kadar tersebut sesuai dengan banyak waktu kita melakukan shalat 5 waktu. Darah tersebut diperlukan agar kita dapat berpikir lebih arif dan jernih.
4). Duduk ( diantara dua sujud, tahiyyat awal dan akhir)
Hikmah dan Manfaat yang Terkandung didalamnya adalah :
a.      Dapat menyeimbangkan sistem elektrik dan saraf keseimbangan dalam tubuh
Posisi duduk diantara dua sujud dan tahiyyat awal dengan menekuk kaki dan jari-jarinya saat kita duduk dapat menyeimbangkan sistem elektrik dan keseimbangan tubuh.
b.      Mencegah pengapuran
Duduk tahiyyat awal jika dilakukan agak lama akan mengaktifkan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran pada kaki.
c.       Menjaga agar kaki bisa menopang tubuh secara optimal
Hal tersebut bisa tercapai karena pembuluh darah balik di atas pangkal kaki juga akan tertekan sehingga darah memenuhi seluruh telapak kaki dan membuat pembuluh darah di pangkal kaki pengembang.
5). Salam
Hikmah dan Manfaat yang Terkandung didalamnya adalah :
a.      Menjaga kelenturan urat leher
Kontraksi otot-otot di kepala akan menghasilkan energi panas dan zat-zat yang diperlukan untuk rehabilitasi jaringan yang rusak. Salam dengan menengok ke kanan dan kiri secara maksimal akan mencegah penyakit kepala dan tengkuk kaku.
 
Ilustrasi
Demikianlah hikmah dari tiap dari gerakan shalat yang kita kerjakan. Tentunya masih banyak jutaan hikmah lain dalam shalat yang tidak kita ketahui, penjelasan diatas hanyalah sebagian kecil dari hikmah yang terkandung dalam shalat. Semoga dengan mengetahui hikmah shalat dapat mempertebal iman kita dan membuat kita lebih ikhlas dan semangat dalam mengerjakan shalat. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi diri saya pribadi dan orang lain agar lebih meningkatkan tingkat keimanan dan ketaqwaan kita serta lebih semangat lagi dalam menjalankan shalat yang wajib maupun yang sunnah. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin 
 
by ; meycin permatasari

0 komentar:

Posting Komentar