twitter
rss




Assalamualaikum Wr wb,
Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada
Nya dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.
Ketahuilah bahwa perumpamaan iman di hati seseorang mukmin adalh bagai sebuah pohon yang bagus pertumbuhannya dan bagus pula buahnya. Ketahuilah bahwa amal-amal saleh adalah hasil dari keimanan yang kuat akarnya di hati seorang mukmin, sehingga ia dapat mencapai keberhasilan yang luar biasa dan kedudukannya yang tinggi di sisi Alah, seperti yang disebutkan dalam firman Allah berikut:
"sesungguhnya beruntung orang-orang beriman"
(QS. Al Mu'minuun: 1)
Kemudian Allah menerangkan secara rinci bahwa orang-orang yang beriman yang mencapai kesuksesan itu mempunyai sifat-sifat khusus yang tidak dimiliki oleh selain mereka. Adapun diantara sifat-sofat khusus itu adalah seperti yang disebutkan dalam firman-firman Allah surat Mu'minuun ayat 2 sampai 9.
Di antara sifat-sifat khusus orang beriman adalah sholat mereka selalu khusyu'.
Al Hasan Al Basri berkata "Kekhusyukan orang-orang mukmin ada di dalam hati mereka, sehingga pandangan mata mereka selalu tertunduk ke bawah".
Selanjutnya Allah menyebutkan sifat orang-orang beriman yang sukses adalah mereka selalu berpaling dari perbuatan sia-sia, yaitu mereka menghindari tutur kata dan perbuatan apapun yang bertentangan dengan tata krama agamanya, agar tidak mengurangi kesempurnaan iman mereka.
Selanjutnya Allah menyebutkan sifat-sifat orang beriman yang sukses berikutnya adalah mereka mau menunaikan zakat hartanya dalam bentuk apapun kekayaannya seperti uang, emas dan perak, keuntungan bisnis mereka, ternak mereka dan hasil pertanian mereka. Karena uang zakat adalah sebagian dari hak Allah untuk orang lain, bukan untuk pemiliknya.
Selanjutnya Allah menyebutkan sifat-sifat orang beriman yang sukses berikutnya adalah mereka menjaga kesucian dari perbuatan zina dan segalah hal yang mendekatkan sesorang kepada perbuatan zina, kerena perbuatan zina bisa membahayakan kehidupan seseorang secara individu maupun kemasyarakatan.
Sifat orang berimana sukses lainnya adalah memenuhi amanat yang diamanatkan kepada mereka dan memenuhi segala janji yang mereka janjikan.
Demikianlah khutbah singkat kali ini tentang sifat-sifat orang beriman, semoga bermanfaat bagi kita semua, Amin.
Assalamualaikum Wr wb.


by : meycin permatasari

0 komentar:

Posting Komentar