MICROSOFT EXCEL
Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel
atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program
komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.
Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak
digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun
platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun
1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi
terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam
paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel
merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi
perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan
manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk
menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang
paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi
nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini
sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya
sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan
Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan
laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan,
manajemen data dengan menampilkan grafik data pivot tabel atau
penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro
yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
v Sejarah
Singkat Microsoft Excel
Pada
tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang
disebut denganMultiplan, yang sangat populer
dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam
sistem MS-DOSmengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus
1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program
spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan,
seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do
it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama
Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan
versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0)
pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program
spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis
MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa
pasar programspreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu
perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang
andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat
bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft,
dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua
tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office
Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya
adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal
peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak
dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang
juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut
dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi
"Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun
demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli
Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama
Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan
huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang
meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih
terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain
itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft
Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft
Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang
mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang
lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan
banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan
programspreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama
dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama
kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta
mengandungdata atau formula dengan berisi referensi absolut atau
referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan
program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk
mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka
sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan
penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang
berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana
program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan
data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga
menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
WK1 (1-2-3)
- WK4 (1-2-3)
- WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
- WKS (1-2-3)
- WK3 (1-2-3)
- WK1 FMT(1-2-3)
- WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
- WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
- DBF 2 (dBASE II)
- WQ1 (Quattro Pro/DOS)
- WK3,FM3(1-2-3)
- Microsoft Excel Chart (.xlc)
- WK1, ALL(1-2-3)
- WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
- WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa
format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:
- Microsoft Excel 2.1 Worksheet
- Microsoft Excel 2.1 Macro
- Microsoft Excel 3.0 Worksheet
- Microsoft Excel 3.0 Macro
- Microsoft Excel 4.0 Worksheet
- Microsoft Excel 4.0 Macro
- Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
- Microsoft Excel 4.0 Workbook
- DBF 3 (dBASE III)
- DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah
beberapa ekstensi Microsoft Excel:
· *.xls, merupakan
format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih
berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
· *.xlt, merupakan format
untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum
Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
· *.XML, atau yang
disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macroVBA.
· *.xla, merupakan format
untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat
menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan
Microsoft Excel.
· *.xlsx, merupakan
format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah
berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan
keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan
struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari
format .xls yang kuno.
· *.xlsm, merupakan
format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML,
tapi dapat menyimpan macro VBA.
· *.xlsb, merupakan
format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML,
tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan
lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menanganiworksheet yang
sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
· *.xltm, merupakan
format untuk template worksheet Microsoft Excel
12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA.
Merupakan pengganti dari format*.xlt.
· *.xlam, merupakan
format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12.
Secara default mampu menangani macro VBA,
mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
2.2. Fungsi
Microsoft Excel
1. Kalkulasi,
dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan
mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat
kompleks.
2. Grafik, dengan
program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang
komunikatif.
3. Komunikasi,
dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user)
lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam
bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal
(komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar
kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
4. Internet,suatu
saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang
lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik
sekali.
5. Otomatis,
dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita
ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan
perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi,
Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan
fasilitas macro.
2.3. Kelebihan
dan Kekurangan Microsoft Excel
Excel 2007 hadir
dengan tambahan berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan
versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah desain jendela
(interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format file baru,
penulisan formula lebih mudah. Office Themes dan Excel Styles, pengurutan dan
penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan grafik yang lebih variatif,
PivotTable lebih mudah digunakan dan sebagainya. Perhatikan sebagian ilustrasi
berikut ini:
1. Jumlah
kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A
hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom. Serta
baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan
berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2. Pada
Excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel
mencapai 17 miliar.
3. Memori
yang digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang
berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah
warna unik dalam sebuah workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya
56.
5. Jumlah
kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya
dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
6. Jumlah
level pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level,
bandingan dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
7. Jumlah
daftar pada menu drop-down dalam fasilitas Filter bisa mencapai 10.000,
sebelumnya hanya 1.000.
8. Maksimal
jumlah karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya
hanya 1.000 karakter.
9. Jumlah
maksimal argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen,
sebelumnya hanya 30 argumen.
10. Maksimal
jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 Milyar,
sebelumnya hanya 64.000.
11. Jumlah
baris yang diperbolehkan di dalam sebuah PivotTable, saat ini mencapai 1 Juta
baris lebih, sebelumnya hanya 64.000.
12. Jumlah
kolom yang tersedia pada versi baru ini adalah 16.000 kolom, sebelumnya hanya
255 kolom.
13. Jumlah
field pada PivotTable dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
14. Excel
2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data
entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca
excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software
statistik lainnya.
15. Dengan
memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas
responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau
antar file excel.
16. Dengan
Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang
kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap
ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan
terupdate sendiri. Ini sangat berguna, kecuali kita jago membuat syntax dan
saya yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.
Kelemahan tentu
Ada dan ini menjadi perhatian extra untuk menjaga kualitas pengolahan data.
Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:
1. Pivot
tabel yang menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa
crosstab atau nested atau tersarang, banyak orang belum mampu membuat tabel
dalam 1 pivot yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel
pivot untuk masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus
memperhitungkan jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot
otomatis akan menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika
di samping atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
2. Untuk
tabel yang besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap
editing/updating data, maka secara default excel akan melakukan proses Workbook
Calculating yang kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini
cukup memakan waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan
mematikan proses calculating otomatis menjadi Calculating Manual artinya
calculating akan dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini
cukup efektif dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau
komputer mati tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol
office > Excel Options > Formulas > Calculation Options, pilih Manual
dan Recalculate Workbook before saving
3. Untuk
membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban
pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik
rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal
ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau
pengkategorian jawaban baru.
2.4. Istilah-Istilah
Excel 2007
Microsoft Excel
merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis
meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan
manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih
kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan
barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.
Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan
(general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan
menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis
ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut
di sampaikan pada paparan di bawah ini :
Istilah-istilah dalam Excel
a) Cell
: merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah
karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text.
Contoh : cell A3, cell D5
b) Worksheet
(lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
c) Workbook
(buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai
sheet 256)
d) Range
: merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang
anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri
atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4
sampai cell D6
e) Alamat
Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau
fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
f) Alamat
Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris
atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
g) Alamat
Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan
tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1
berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
h) Name
Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat
nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar. Contoh : Holla nama
lain range A5:G7
ü Menggerakkan
Penunjuk Sel (Cell Pointer)
Cell Pointer
berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang dimaksud dengan sel aktif ialah sel
yang akan dilakukan suatu operasi tertentu. Untuk menggerakan ponter dengan
Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang diinginkan. Untuk sel yang
tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar untuk menggeser layar hingga
sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut. Untuk kondisi tertentu kita
lebih baik menggunakan keyboard. Berikut daftar tombol yang digunakan untuk
menggerakan pointer dengan keyboard :
Tombol
Fungsi :
· ←
↑ → ↓ Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
· Tab
Pindah satu sel ke kanan
13px; line-height: 19px;
margin-left: 54pt; text-align: justify; text-indent: -18pt;"> · Enter
Pindah satu sel ke bawah
· Shift
+ Tab Pindah satu sel ke kiri
· Shift
+ Enter Pindah satu sel ke atas
· Home
Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih
· Ctrl
+ Home Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
· Ctrl
+ End Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
· PgUp
Pindah satu layar ke atas
· PgDn
Pindah satu layar ke bawah
· Alt
+ PgUp Pindah satu layar ke kiri
· Alt
+ PgDn Pindah satu layar ke kanan
· Ctrl
+ PgUp Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar
berikutnya
· Ctrl
+ PgDn Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar
sebelumnya
ü Jenis
Data pada Cell
1. Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
1. Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
a) Character
: semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan
yakni A-Z, a-z, dan 0-9
b) Numeric
: angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9
c) Date
: data tanggal
d) Time
: data waktu
2. Formula
seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan
(=………)
atau tanda tambah (+………).
2.5. Cara
Menggunakan Microsoft Excel
A. Menu dan icon
pada Microsoft Excel
1. Judul
Menampilkan judul
program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2. Office Button
Berisi barisan
perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen
baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3. Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana
yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya
misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4. Toolbar
Merupakan deretan
tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk
mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5. Help
Bila kita ingin
bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms.Excel
akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6. Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini
berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol
pengendali.
7. Cell
Cell Aktif
Penggulung vertikal
8. Lembar aktif
9. Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor Baris
13. Nomor Kolom
B. Membuat dokumen
pengolah angka
Dari contoh
pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel,
alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut adalah
contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan :
C. Penerapan Microsoft Excel
Langkah-langkah
membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan
Sub Judul Laporan
Arahkan kursor
pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI
SISWA” pada Cell aktif tersebut.
Kemudian ketikkan
sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.
2. Penggunaan
alignment, format font dan format Cell
Untuk membuat
Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1
kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar
judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.
Agar huruf pada
judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik
tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline
atau italic.
Selanjutnya data
dapat dilengkapi seperti Gambar 2.
3. Penggunaan
format Tabel dan Cell
Microsoft Excel
menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi
border, warna border, warna cell dan style font dengan kliktombol format table
seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut
ini.
Kita juga dapat
melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak
menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada
Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara :
Untuk membuat
border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell
A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border.
Untuk memberi
warna pada judul tabel bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok
cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell.
4. Penggunaan
Rumus dan Fungsi
Rumus
dan fungsi dalam Excel mempunyai pengertian
yang berbeda, rumus berupa instruksi matematika dalam suatu
sel/range dalam lembar kerja dengan operator aritmatik seperti : +,-, ,/,* dan
^. Sedangkan Fungsi merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat
bantu dalam proses perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai
diantaranya fungsi tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial,
statistik, lookup dan referensi, database, teks, dan lain-lain.
1. Menggunakan Rumus (Formula)
Rumus merupakan
bagian terpenting dari Program Microsoft Excel , karena setiap tabel dan
dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi.
Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah ;
Lambang Fungsi:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Proses perhitungan
akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari
pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang
(-).
(-).
2. Macam-macam
formula
1. =SUM(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum :
=SUM(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5
sampai
sel H15
Penulisan :
=SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan counter
Bentuk umum :
=COUNT(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai
yang
berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan :
=COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum :
=MAX(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari
sederetan
sel yang berada di sel F1 sampai sel
F17
Penulisan :
=MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum :
=MIN(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari
sederetan sel yang
berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan :
=MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum :
=AVERAGE (range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari
sel
A11 sampai A17
Penulisan :
=AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya :
Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam
daftar
argumennya menjadi bilangan mutlak
(absolut)
Bentuk umum :
=ABS(range sel)
Contoh :
Misalkan kita bermaksud mengetahui secara
mutlak
dari sel yang kita aktifkan, misal di sel
F17
Penulisan :
=ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya :
Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan
X
tidak boleh negatif
Bentuk umum :
=SQRT(range sel)
Penulisan :
= SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan
sebagai
kunci benar atau salah (memenuhi syarat
atau
tidak)
Bentuk umum:
=IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh :
Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu
sel
yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa
dinyatakan
lulus atau gagal dengan ketentuan
sbb.Jika nilai
rata-rata siswa lebih besar sama
dengan
60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan
sebaliknya.
Penulisan :
=IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
(artinya
jika kolom F17 lebih besar sama dengan
60,
maka LULUS, jika kurang dari 60, maka
GAGAL)
Keterangan :
Jika kondisi di
sel F17 terpenuhi, maak kerjakanValue_if_true, jika kondisi di sel F17
tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
9. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya :
Untuk menghitung jumlah hari
Contoh :
=DATE(73,8,11) à 26887 hari
10. =VLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum:
=VLOOKUP(lookup_value; table_array;
Col_index_num; Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum:
=HLOOKUP(lookup_value; table_array;
Col_index_num;
Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu
dari
sebuah kiri
Bentuk umum:
=LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di
sel
F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu
dari
sebuah kanan
Bentuk
umum: =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di
sel
F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
14. =MID(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu
dengan
sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum:
=MID(teks;start_number; number_char)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter baru yang
ada di
sel F17 (Februari)
Penulisan :
=MID(F17:3:3)
5. Menyimpan
Dokumen
Untuk menyimpan
dokumen klik Save . Maka akan terjadi salah satu dari 2 hal berikut :
· Apabila
file belum pernah disimpan, Word akan menampilkan kotak dialog Save As seperti
dibawah. Dan apabila sebelumnya file pernah disimpan dengan nama yang sama,
maka Word akan menyimpan file dan mengembalikan tampilan ke layar dokumen.
Untuk memberi nama pada file ketikkan nama yang diinginkan dalam kotak File name, lalu tekan tombol Save.
Untuk memberi nama pada file ketikkan nama yang diinginkan dalam kotak File name, lalu tekan tombol Save.
· Apabila
kita ingin menyimpan file yang pernah disimpan dengan nama dan format
penyimpanan lain maka pilih Office Button kemudian klik tanda panah pada Save
as dan pilih format penyimpanan lain misalnya disimpan dengan format Microsoft
Excel 97-2003.
Created
by MEYCIN PERMATA SARI